Strategi Menciptakan Kaos Distro yang Anda Buat Lebih Bernilai Tinggi
Anda
telah membuat desain secara detail, dibuat oleh vendor konveksi pilihan di
Bandung & menggunakan bahan yang bagus,
Kaos
Anda layak mendapatkan penghargaan yang seimbang sesuai dengan kualitas dan
hasil kerja keras yang telah tercurah didalamnya.
Namun
hal tersebut belum cukup tanpa strategi yang tepat, ada beberapa faktor yang
mempengaruhi mengapa konsumen memesan kaos Anda,
Baca
sampai akhir, karena ini mudah dipraktikan oleh anda
Anda
hanya perlu menyampaikan dengan baik bahwa produk Anda adalah produk yang bagus
sehingga layak di beli dengan harga yang seimbang sesuai kualitasnya.
Ini
hanya soal cara menyampaikan pesan..
Bagaimana
cara menyampaikan pesan dengan baik ke konsumen Anda?
1.
Buat Photo Kaos Semenarik Mungkin
perbandingan
photo dengan mock up
Pernahkah
anda berniat membeli produk secara online, tetapi penjual menampilkan photo
produk seadanya?
Gunakan
photo kaos yang bagus dan detail dengan latar yang polos, sehingga pengunjung
hanya fokus pada desain dan model, dengan begitu pengunjung mudah
mengidentifikasi secara detail kaos yang akan dibelinya.
Jika
memungkinkan, pasang photo yang sesuai dengan genre kaos, contoh ‘my trip my
adventure’, photo model sebaiknya di outdoor sehingga kaos yang anda jual
menggambarkan desain yang di sablon pada kaos.
Informasi
saja, biaya jasa pemotretan kaos dengan model standar berkisar 30K- 100K, cukup
murah untuk produk yang akan anda pasarkan selama 2thn kedepan kan?
Untuk
menghemat anggaran, anda bisa mencobanya sendiri dengan memanfaatkan teman Anda
yang mempunyai postur tubuh bagus.
Selain
Photo anda juga bisa menggunakan mock-up kaos realistis, tetapi perlu
dipertimbangkan bahwa teknik ini hanya tepat untuk :
Produk
pre-order
Sampel
produk
Presentasi
desain
Saran
kami sebaiknya menggunakan photo asli yang otentik dan terpercaya.
2.
Pasang Label Woven pada produk
Label
kaos mempunyai peranan penting terutama (khususnya toko offline) setelah
membeli, konsumen saat ini bangga dengan produk yang memiliki label pada
kaosnya, bukan itu saja label juga merupakan identitas brand Anda.
Adanya
label pada produk clothing menhasilkan kesan bahwa produk tersebut adalah
produk Branded. Hal tersebut tidak hanya akan meningkatkan prestise produk yang
bersangkutan, tapi juga prestise Brand/Merk anda.
Jika
memungkinkan, anda bisa memasang lebih dari satu buah label pada satu produk.
Misalnya,
1 label woven yang berisi logo merek dan ukuran kaos dan 1 lagi label satin
berisi wash instruction, akun socmed dan/atau website brand.
3.
Label Sablon (optional)
label
sablon kaos
Jika
anda baru memulai bisnis clothing dan belum sempat membuat Label woven karena
alasan waktu ataupun alasan biaya, Label sablon bisa mennjadi pilihan
alternatif untuk sementara waktu.
Fungsi
label sablon pada dasarnya sama dengan label woven, hanya bentuknya saja yang
berbeda. Label ini bisa berisi keterangan produk seperti:
Ukuran
kaos
Brand
Clothing
Material
yang digunakan
Panduan
mencuci
Logo
4.
Hang tag
Hampir
semua kaos yang ada dipasaran telah menggunakannya, hang tag umumnya untuk
menyimpan informasi harga pada produk, namun ini bukan harga saja,
Hang
Tag sebuah branding.
Hang
tag memperkuat nilai produk kaos yang anda jual,
Mungkin
Anda pernah membeli kaos dengan banyak Hang tag dibagian pundak?
Anda
pernah memanfaatkan hang tag plastik untuk gantungan kunci? hehe sama
Brand
besar biasanya membuat hang-tag berlapis-lapis, kebanyakan project yang biasa
kami kerjakan memiliki 3 lembar hang tag ( 4 dengan sticker) yang digantung
pada kaos.
Usahakan
hangtag anda bermanfaat untuk pembeli. Selain hangtag jenis kertas, anda bisa
membuat hangtag dari plastik atau karet yang bisa digunakan sebagai gantungan
kunci / gantungan tas ataupun gelang.
Selain
bermanfaat untuk konsumen, hangtag yang seperti itu juga akan membantu
meningkatkan Brand Awareness merek anda karena bisa dilihat oleh semua orang
ketika hangtag itu dipakai.
Informasi
yang di input pada hang tag seputar :
Harga
kaos + barcode
Logo
Brand Distro
Ukuran
Kaos
Informasi
Sosial Brand FB / Twitter
Slogan
Panduan
Mencuci
Sejarah
Perusahaan
5.
Packaging
kemasan
kaos
Kemasan
dapat membuat produk anda terlihat bagus.
Kemasan
adalah “The Silent Salesman” kemasan produk mampu menceritakan produk dan
meningkatkan penjualan.
Tidak
bisa di pungkiri kemasan kaos yang unik secara visual / bentuk kemasan /
mempunyai penjualan yang lebih baik di banding dengan produk sebanding yang
tidak mengindahkan kemasan.
Packaging
mengkomunikasikan produk yang ada didalamnya, dan merefleksikan bisnis clothing
anda, jika dalam kuliner kemasan
menggambarkan kelezatan isi didalamnya.
6.
Original
sablon
kaos br8project
Apa
yang terbayang oleh anda dengan kalimat Original?
ya..
kalimat original membentuk produk menjadi otentik / unik / asli
Tulis
kalimat original dalam desain kaos / label / hang tag / kemasan.
Kalimat
original memiliki karakter positif pada produk anda, ini akan membuat produk
kaos anda lebih terpercaya karena pembeli akan menciptakan persepsi seakan-akan
produk yang anda jual memiliki nilai tinggi dibanding produk yang tidak
original.
7.
Cerita dibalik Desain
sablon
kaos
Berikan
deskripsi Sablon kaos dengan jelas, ceritakan dibalik desain kaos yang anda
buat, contoh sablon kaosnya John Lennon
Pada
deskripsi produk tambahkan :
Imagine
there’s no heaven….
It’s
easy if you try…
-John
Lennon
atau
apabila kaos yang anda buat adalah kaos daerah :
Legenda
yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria.
Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya,
Amir Hasan
Seru
ya?
Ceritakan
arti desain yang di sablon pada kaos, karena itu akan membuat kaos anda lebih
menarik dan lebih hidup.
8.
Bandingkan harga produk
Buat
perbandingan produk, sandingkan produk yang bernilai rendah dan tinggi secara
bersamaan, ini akan membuat calon pembeli anda mengetahui alasan mengapa
harganya berbeda.
Informasikan
secara jelas mengapa setiap desain kaos berbeda.
9.
Endorse
Dukung
kaos yang anda buat oleh artis atau public figure yang sesuai dengan tema kaos
distro anda, ini akan menghasilkan karakter positif brand distro anda.
Sekarang
Tergantung Anda..
Strategi
diatas telah kami teliti dari distro-distro yang memiliki pengaruh besar
didunia industri pakaian saat ini, praktikan secara perlahan, susun strategi
satu-persatu semaksimal mungkin.
Kesuksesan
bisnis clothing tidak mutlak dengan cara diatas,
namun
sedikitnya,
Anda
telah membuat kaos anda sekelas distro populer dan bernilai tinggi di mata
calon pembeli anda.
Comments
Post a Comment